Cara Merawat Jenis Batu Akik Secara Alami

Cara merawat jenis batu akik secara alami bertujuan agar semakin mengkristal, mengkilap dan berkualitas. Berbagai bahan alami bisa diterapkan dan tidak menimbulkan efek berbahaya, bagi keindahan dan kualitasnya. Penting juga untuk selalu melakukan perawatan dengan rutin, agar nilai harganya semakin tinggi. Apa saja bahan yang bisa digunakan?

Bambu

Cara perawatan dengan bambu terbukti aman dan tidak mengakibatkan kerusakan pada permukaan batu akik. Caranya dengan menggosokkannya dengan gerakan lurus lalu memutar. Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda bisa menggunakan potongan bambu yang tekstur permukaannya rata dan halus. Sehingga tidak menyebabkan terjadinya goresan. Teknik ini banyak digunakan  pada Giok Garut, Bacan Palamea dan Bacan Doko asal Maluku.

Kulit bekas lembut

Dompet, ikat pinggang, tas, jaket dan sebagainya berbahan kulit asli  dan tidak terpakai lagi, bisa dimanfaatkan untuk merawat batu akik. Caranya dengan menggosoknya secara lembut di permukaan batu. Cara ini bisa menghilangkan kotoran dan noda, karena sengatan terik matahari atau sisa endapan air yang telah mengering.

Klaras atau daun pisang kering

Potongan klaras bisa digosokkan di permukaan batu dengan arah gerakan lurus dan memutar.  Sehingga semua permukaan batu tersapu. Sangat disarankan untuk melapisi batu dengan kain, supaya gosokan tersebut tidak terasa terlalu keras dan bisa menyebabkan goresan pada permukaan batu. Berbagai bahan di atas masih sangat mudah ditemukan, bahkan tanpa mengeluarkan biaya.






0 Response to "Cara Merawat Jenis Batu Akik Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel