Harga Batu Akik Sungai Dareh


Harga Batu Akik Sungai Dareh berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Hal ini tergantung dari ukuran dan keindahan yang dimilikinya. Batu akik ini sering juga dinamakan sebagai giok kandi. Ketenaran batu akik ini tidak hanya di Indonesia saja, tapi hingga ke luar negeri. Popularitasnya kian menanjak, sejak Barack Obama, Presiden Amerika Serikat kabarnya mengenakan batu akik yang berasal dari Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat itu.

Sejak tersiarnya kabar itu, para kolektor dan pecinta batu akik dari berbagai negara semakin gencar memburunya. Para pejabat di Indonesia juga semakin banyak yang mengenakan batu akik Sungai Dareh. Batu akik ini memiliki ciri khas berupa warna hijau yang menawan. Sebutan bagi batu akik ini bermacam-macam, seperti Giok Sumatra, Batu Lumut, Batu Lumuik dan Giok Kandi.

Corak dan warna batu akik ini memang sangat menarik. Sehingga dianggap sebagai keunikan khusus bagi batu Sungai Dareh. Tingkat kekerasan batu akik ini adalah 7 skala Mohs, yang merupakan standarisasi batu mulia dengan kualitas internasional. Tingkat kekerasannya sama dengan batu Giok China yang sangat populer dan sudah dikenakan sejak ribuan tahun silam.


Batu Sungai Dareh mulai dikenal sejak tahun 1970an, dengan nama Giok Kandi. Hal itu karena batu akik itu ditemukan di Sungai Kandi. Kemudian baru ditemukan batu mulia di Sungai Dareh. Tapi masyarakat sekitar sangat percaya kalau batu yang berada di Sungai Kandi merupakan batu yang terbawa arus Sungai Dareh. Dengan demikian diyakini kalau asal batu mulia berwarna hijau itu sebenarnya dari Sungai Dareh.




0 Response to "Harga Batu Akik Sungai Dareh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel